produk teknologi masa depan


 
Kamu percaya nggak? TV masa depan selain udah bisa bersuara, berwarna, juga bakal bisa beraroma alias berbau! Bahkan untuk berpindah-pindah channel kita nggak perlu memakai remote-control, cukup dengan mengendus aja!? :shock:

Katanya, otak manusia itu mampu membagi aroma menjadi 30 lebih jenis, *siapa tau* bahkan lebih. Misalnya aroma kayu, aroma bunga, aroma rumput dan aroma-aroma lainnya baik yang enak, maupun yang enek. Hehe… :lol:

Nantinya, kemampuan otak memilah-milah aroma sesuai objek itu akan dimanfaatin oleh para ilmuwan kita untuk mengembangkan teknologi TV masa depan, yaitu TV yang bisa beraroma! Wow…

Jangan kaget pula, kelak bakal ada kamera tembus pandang di balik tembok. Wuih… Penasaran dengan produk-produk teknologi masa depan lainnya?

Baca aja terus… ;)

Majalah Inggris, New Scientist, seperti dikutip Epoch Times, Selasa, 3 Februari 2009, ngeramal tentang bakal hadirnya 7 produk iptek besar yang diharapkan terjadi dalam 30 tahun ke depan. Dan menjadi produk umum seperti halnya teknologi HP masa kini.

Sebenernya sih ada 10 produk masa depan, tapi aku sisihkan 3 produk yang lain dengan alasan nggak realistis. Lagian, kebetulan 7 (tujuh) adalah angka kesukaanku. :loL:

Ke-7 iptek besar tersebut termasuk kamera tembus dinding, jubah ajaibnya Harry Potter, peralatan panjat dinding ala spiderman yang membuat orang mampu memanjat dinding semudah laba-laba, dan TV yang dapat menebarkan aroma… and many more! Keep on reading… :lol:

Ada yang berpendapat ramalan tersebut terlalu muluk-muluk, betul-betul sulit dipercaya. Namun mari kita kilas balik 30 tahun yang lampau, pada 1979 tatkala perusahaan Jepang, NET berhasil mengembangkan HP internet pertamanya di seluruh dunia, banyak orang masih mengira berjalan sambil berbicara di telepon adalah hal yang mustahil, tetapi bagi manusia zaman sekarang HP
sudah jadi barang bawaan yang wajib ada.

Seiring dengan perkembangan iptek, siapa bilang impian tersebut nggak bakal menjadi kenyataan? Well, let’s see…

1. Pengisi Ulang Batre Tenaga Manusia

Nyaris banget setiap orang zaman sekarang udah pada punya HP, iPod atau alat elektronik lainnya. Dan kalo misalnya HP itu sering dipake nelepon atau iPodnya suka didengerin lama-lama, sedikit demi sedikit tentu batere yang terpake itu bakalan habis! Gimana kalo kita lagi di luar, tapi pengen segera ngisi ulang biar batrenya bisa full lagi?

Nah, seandainya aja dari pergerakan tubuh manusia setiap saat bisa di-manfaatin untuk membangkitkan listrik, apa bisa dipake untuk ngisi ulang batre? Ya, kenapa nggak!? It would be a great idea!

Ada seorang ilmuwan yang sedang merealisir harapan tersebut, Wang Zhonglin - ilmuwan keturunan Tionghoa dari Politeknik Georgia, AS, memanfaatkan teknik Nano dan Piezoelectrik effect untuk membangkitkan listrik dari tenaga manusia. Dia berhasil membuat semacam pakaian serat fiber berdinamo dari bahan campuran serat logam super halus!

Setiap kali fiber ditekan atau ditekuk, bisa menghasilkan aliran listrik. Inilah yang disebut dengan Piezoelectrik effect, yaitu ketika materi tertentu tatkala menerima tekanan akan mampu menghasilkan listrik.

Wang Zhonglin menggunakan benang nano yang dibuat dari Zinc Oxyd (seng oksida) kemudian dibungkus dengan seuntai serat tenun. Sewaktu orang mengenakan pakaian semacam ini, asalkan terhembus angin atau gerak sedikit aja sudah cukup membuat pakaian tersebut menghasilkan Listrik!

Baru-baru ini teknik tersebut masih dalam tahap percobaan di laboratorium, nanti kalo teknik ini semakin matang dan mantep, maka orang-orang bisa setiap saat mencharge Hp ataupun iPodnya. Woh.. bakalan asik nih kalo jadi kenyataan!

2. Kamera Tembus Dinding


Di dalam kisah dewa-dewa atau manusia super pasti identik dengan kekuatan supernya, kayak mampu memandang tembus, bisa melihat sesuatu di balik dinding, melihat suasana di belakang dinding, dll.

Kini para ilmuwan menggunakan gelombang radio dan hampir telah merealisir impian ini.

Perusahaan konsultan iptek Cambridge – Inggris menggunakan gelombang radio yang memiliki keistimewaan bisa menembus benda padat, telah menciptakan sistem pengintai sinar X yang besarnya segede tas kantor.

Prism 200 TechnologyPrism 200, nama peralatan ini bisa memancarkan semacam gelombang pulsa ultra wide band, bisa menembus dinding atau materi setebal 40 cm, mendeteksi segala gerakan dalam radius 15 meter, dapat membantu pihak kepolisian
sewaktu dalam pengepungan penculik dan mampu mendeteksi posisi penyandera dan korban yang disandera di dalam ruangan.

Peneliti Universitas Teknik Munich Jerman telah menciptakan semacam
peralatan, yang meskipun tersekat oleh pintu, asalkan meluncurkan semacam gelombang radio antara 433 MHz dan 24.000 MHz, maka bisa mendeteksi pernafasan dan detak jantung dan gerakan minim dari balik pintu.

Hmm.. Susah dibayangin gimana jadinya nanti…?

3. Memanjat Dinding dan Ilmu Qinggong (ilmu meringankan tubuh)

Anatomi CecakDi film Spiderman, dia mampu memanjat dinding dan berlompat-jumpalitan di atas atap gedung-gedung pencakar langit. Kini selingan di kala senggang ini sudah dipergunakan oleh ilmuwan dengan menggunakan semacam peralatan perekat kuat untuk merealisasi perlawanan terhadap gravitasi. Para ilmuwan memperoleh inspirasi ini dari prinsip anatomi kaki cecak.

Cecak bisa merayap di dinding berkat mengandalkan 2 juta batang rambut pada setiap kakinya, yang menimbulkan listrik mikro elektrostatik dan membentuk sebuah daya rekat yang sangat kuat.

Andre Geim, peneliti dari Universitas Manchaster, Inggris telah merangkai semacam materi tiruan bulu cecak, hanya sebesar 1 cm2, dikenakan pada sarung tangan dan sepatu, dan bisa menopang bobot 1 kg.

Kemudian ada Nicola Pugno, peneliti politeknik Universitas Turin Italia, dengan mengadopsi teknologi Nano, telah membuat satu pasang sarung tangan yang masing-masing mampu menahan bobot 10 kg. Seiring dengan perbaikan teknis, impian indah
masyarakat penggemar spiderman dapat menjadi sepertinya nggak lama lagi bisa direalisir. :roll:

4. Alat Penterjemah Langsung

Perusahaan SRI, AS, pernah mengembangkan sebuah software pengenal suara IraqComm dan penerjemahan kepada tentara pendudukan AS di Iraq, di saat bicara bahasa Arab dan diarahkan ke mikrofon, komputer dengan segera menerjemahkannya ke bahasa Inggris dan melafalkan bahasa terjemahannya.

Ilmuwan di Universitas Carnegie Mellon Pittsburg, AS, sedang membuat sistem serupa dinamakan Speechalator, bisa digunakan pada palm sized notebook dan
PDA.

Walaupun dewasa ini daya perbendaharaan kata-katanya masih terbatas, namun seiring berkembangnya teknologi masa depan tentu akan ada pembaharuan kata-kata.

5. Jubah Ajaib ala Harry Potter

Manusia dalam melihat suatu benda tergantung pada intensitas cahaya yang diterima mata. Jadi kalo kita nggak bisa melihat sesuatu itu karena ada benda yang menghalangi lewatnya gelombang cahaya.

Kalo aja pada benda tersebut diliputi satu lapis materi spesial yang mengandung Refractive Index Negative, secara teoritis bisa membuat cahaya tanpa hambatan meneruskan maju ke depan, dengan demikian benda tersebut secara visual sudah lenyap.

Kini standar iptek belum bisa membuat orang menghilang, tetapi sangat mungkin membuat sebuah jubah penghilang tubuh, kayak jubah yang pernah dipake dalam film Harry Potter.

Tahun lalu di Universitas Duke, AS, menyatakan bisa membuat metamaterials yang bisa membelokkan cahaya, bahan penghilang semacam ini dibuat dari sejumlah besar bahan sintetis yang menyerupai fiber glass dan dibentuk dengan sistem susunan mendatar, bisa membalikkan gelombang elektromagnetik, dengan mengubah sorotan cahaya untuk menyembunyikan benda.

Belakangan ini peneliti dengan sukses memperluas area wilayah yang bisa menghadang gelombang cahaya, meningkatkan dengan tajam kemampuan menutupi benda. Metamaterials selain bisa membuat mantel penghilang tubuh, juga bisa dipergunakan pada Optical Fiber Communication. Namanya Speed Fiber Optic, diperkirakan kalo teknologi ini diterapkan pada internet mampu meningkatkan minimal 10 kali lipat kecepatan online dewasa ini.

6. Alat Terapi Ultrasonic Mini (Portabel)



UltraSonic TherapyDi dalam dunia persilatan, orang yang berilmu tinggi akan mampu menyembuhkan orang lain dengan metode memancarkan tenaga dalam. Kalangan kedokteran sudah jauh hari menggunakan gelombang ultrasonik untuk pemeriksaan kondisi perempuan hamil, namun dewasa ini menggunakan ultrasonik untuk penyembuhan, juga telah menjadi cara operasi baru.

Lawrence Crum, Professor Universitas Washington, AS, yang telah sukses mengembangkan semacam peralatan terapi ultrasonik portabel. Ia tahun ini sudah bisa melakukan uji klinis terhadap peralatan terapinya.

Cara kerjanya, gelombang ultrasonik yang membebaskan ultrasonik berenergi rendah, akan mendeteksi kondisi pembuluh darah yang terluka . Maka jikalau ditemukan pembuluh darah yang terdapat gejala berdarah. Alat tersebut membebaskan ultrasonik energi tinggi untuk menimbulkan panas tinggi dan memampatkan pembuluh darah. Sehingga pasien akan lebih mudah untuk sembuh.

Well, produk-produk teknologi masa depan yang disebutin diatas, aku yakin, nggak ada yang mustahil untuk menjadi kenyataan. Terkadang dari ide-ide gila yang kerap menantang logika dan akal sehat manusia, hal itu justru merangsang kreativitas untuk merealisasikan impian-impian itu. Iya, kan?

So, produk masa depan mana yang ingin kamu segera terealisasi dalam waktu dekat ini? ;)

sumber: http://gilangramadhan.net/

0 komentar:

Posting Komentar